USAHA MEREDUKSI BANJIR DI BENGAWAN SOLO HILIR

Sarwono Sarwono

Abstract


Bengawan Solo Hilir yang terletak di Wilayah Provinsi Jawa Timur memiliki sumber daya strategis, yaitu sebagai pemasok air yang sangat besar di Jawa Timur. Di sisi lain permasalahan yang terjadi di Bengawan Solo Hilir adalah banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau. Oleh karena itu diperlukan upayaupaya untuk penanggulangannya. Salah satu upayanya adalah dengan memanfaatkan rawa Jabung sebagai waduk retensi yang dilengkapi dengan inlet dan outlet, dikombinasikan dengan pembangunan bendung gerak Babat (Babad Barrage) dan saluran pengelak banjir (flood way) Sedayu Lawas yang berfungsi untuk mengalihkan sebagian debit banjir Bengawan Solo dialirkan langsung ke Laut Jawa. Dengan ketiga fungsi bangunan pengendali banjir tersebut diharapkan mampu mereduksi banjir di Bengawan Solo khususnya bagian hilir. Namun saat ini dengan kombinasi bangunan air tersebut di atas belum mampu mereduksi banjir sebagaimana yang diharapkan. Maka diperlukan usaha untuk meningkatkan kapasitas debit aliran salah satunya melalui saluran banjir Sedayu Lawas dengan jalan memodifikasi inletnya.

Keywords


Banjir, waduk retensi, flood way, bendung gerak, modifkasi inlet

References


Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. 2010/2011. Pedoman Siaga Banjir Wilayah Sungai Bengawan Solo Musim Hujan. BBWS Bengawan Solo. Surakarta.

Nippon Koei Co, LTD. 1994. Operation And Maintenance For Lower. Nippon Koei LTD. Nippon Koei Co, LTD. 2004. Drawing Flood Way Main Chanel As- Built Drawing Of Package. Nippon Koei Co LTD.

Perum Jasa Tirta I. 2010/2011. Laporan Pengamatan Tinggi Muka Air Harian Operasional Pintu Inlet Flood Way. Surakarta.3

Perum Jasa Tirta I. 2010/2011. Monitoring Tinggi Muka Air Sistem Wilayah Sungai Bengawan Solo. Surakarta.

Van Te Chow. 1985. Hidrolika Saluran Terbuka. (open Channel Hydraulics). Penerbit Erlangga.

Sarwono, Harianto, dan Ibnu Suprianto. 2012. Jurnal Teknik Hidraulik vol. 3 No.2 2012, Analisis Angkutan Sedimen Flood way Sedayu Lawas di Bengawan Solo 10 th Pasca Pelaksanaan. Bandung: Pusat Litbang Sumber Daya Air




DOI: https://doi.org/10.32679/jsda.v9i1.365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bintek SDA

Indexed by:
         
 
Sekretariat:
 
Direktorat Bina Teknik Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.